pantang nyerah…. hyaaaattttt….

Di mobil saat bertamasya ke grand canyon, saat-saat tak terlupakan bercanda ria dengan teman-teman yang hebat-hebat dari berbagai daerah di Indonesia… huaaaah kangeeeen…

“ aku nyoba kedua kali baru berhasil” entah bagaimana awalnya obrolan tentang perjalanan menjadi grantee IELSP dimulai. Seorang teman mengatakan ia harus mencoba dua kali hingga berhasil lulus IESLP batch V.

“ Aku dong, sekali nyoba langsung berhasil” sahut teman yang lain dengan bangganya.

“ Gak asik kali, gak kerasa perjuangannya” kata seorang teman saya yang lain, yang juga bukan pertama kali mencoba.

“ temenku malah ada yang dari 1-5 nyoba terus baru lolos”

Hebat!! Iya ada tuh yang gitu, seorang grantee yang dapet di negara bagian lain juga pernah bilang ke saya kalo dia udah nyoba dari 1-5 baru berhasil. Si embak bilang gak terkira bahagianya saat tahu lulus di batch 5, padahal dia dah nothing to lose aja, nggak terlalu ngarep. Yup!! Rasanya tentu berbeda saat perjuangan itu dirasa payah sekali karena kegagalan demi kegagalan, kesuksesannya jadi terasa sangat manis kan? Sangat berbeda dengan teman-teman yang sekali nyoba langsung berhasil. They didn’t experience gimana asiknya berjuang melawan ketakutan untuk mengulangi kegagalan lagi, berjuang memperbaiki hal-hal yang dirasa menjadi penyebab dari kegagalan itu.

Saya sendiri baru nyoba 2 kali, dari batch 4 dan batch 5 alhamdulillah. Hal yang sangat saya rasakan sebagai hikmahnya,

1. Semakin terpatri di dalam diri saya that “kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda”. Ekhm, kalo saya lulus batch 4 dan dapet di Arizona juga, saya belum tentu bisa lihat keindahan ter-incredible I’ve ever seen and my biggest dream ever, grand canyon. secara anak-anak IELSP batch 4 yang ke Arizona gak dapet kesempatan trip ke grand canyon. subhanallah… thankz Allah

2. Memperbaiki kesalahan. Dengan kegagalan saya yang pertama, saya belajar untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama. Saya memperbaiki essay yang menjadi bagian dari application…. Maaak banyak banget kesalahan grammar, tanda baca, susunan huruf dari kata-kata (bahkan). Yaaah… ceroboh ceroboh… pantesan gak lulus!!

3. Sebuah pengalaman yang sangat subhanallah, dimana saya harus berusaha melengkapi segala persyaratan dalam waktu 2 hari, itu lebih great lagi, pontang-panting nyari dosen buat rekomendasiin dakuw, belum lagi bikin essay, and potokopi2!. Beda dengan batch 4 yang nyantai, waktu itu saya harus berangkat KKN di remote area yang membuat saya harus menyelesaikan semuanya sebelum memasuki area tak tersentuh itu. (jiyeeeh)… masih inget betapa semangat itu menyala-nyala. Di atas gwen dolline, seorang lingga teriak-teriakin “tak ada yang patahkan seamangatku… tekadku kuat jiwaku mantap…. Meskipun hariku kelabu, tak ku biarkan semangatku layu…. Nananananana”

4. Berdo’a dan harapan. Iya, di batch 4 kayaknya saya kurang berdo’a. jadi semua usaha seperti kosong tanpa harapan. Di batch 5 rasanya beda banget. Mungkin karena suasana dusun Talang Jawi tempat KKN yang syahdu, jadi do’a-do’anya lebih syahdu. Harapan saya kepadaNYA lebih besar… dan Alhamdulillah. Bukankah Allah adalah seperti persangkaan hambaNya

Yaah… saya lebih salut lagi dengan perjuangan teman-teman yang mencoba sampai 5 kali daripada teman-teman yang sekali coba langsung lulus. Salut karena mereka bisa tetap berjuang walaupun sudah 4 kali gagal. Pastilah mereka adalah orang-orang kuat yang tidak mudah roboh hanya karena kegalalan. Saya sendiri kalo jadi mereka mah belum tentu bisa coba lagi. Tapi kalo udah tahu cerita mereka mah… say juga pasti bisa ah… hiyalah!! Lingga gitu lah!!

9 thoughts on “pantang nyerah…. hyaaaattttt….

  1. menatapmatahari says:

    @ekohmyeeeeh…@yaufaniadambo ling?ga keren ah…@moestoainga ngerti?ya udah…@duniauchibatch 4 maksudnya periode 4,batch 5 maksudnya periode 5…gmn?ngerti kan? (guru les mode on)

Leave a Reply

