[fiksi] berhutang berbudi

Ari menghitung kembali 4 lembar uang di tangannya…
“alhamdulillah…” dari hasil part time menjaga toko manisan pamannya itu, Ari berencana menyumbangkan selurunya ke padang. Tangisan dan jerit saluang yang telah mengoyak2 hatinya membulatkan tekadnya untuk melupakan target buku, barang, dan apapun yang biasanya ia beli dari honor itu.

Ari membuka notebook kecilnya, sekedar meyakinkan diri ke rekening bank mana ia harus mentransfer uang itu. Hingga matanya tertumpu pada catatan hutang bulan lalu. Ari lupa… Baru ingat.

“astaghfirullah kredit handphone kan masih satu bulan lagi….100 ribu, uufh dulu aku sempat minjem uang dian tuk boarding pass 50rb, hutang pulsa 150rb, ya Allah hutang fotokopian juga belum dibayar ke rika,100rb”

Ari menangis perih, tak menyangka iapun tak berpunya tuk sekedar berbagi kepada saudara2nya di padang. Kepala cepaknya ia benturkan ke dinding kamar, kesal… Habis uangnya hanya untuk hutang.

“di, aku ada hutang 50rb sama kamu kan? Sumbang ke padang aja ya…”ari menelpon dian, temannya yg sedang berjuang melawan kabut asap di palangkaraya… Dari seberang terdengar Dian antusias mengiyakan, Ari lega.

“rik, aku baru inget pernah utang potokopi 100rb. Mau disumbangin aja ga ke padang?” beberapa detik kemudian, Ari tersenyum lagi.

“mas, pulsa aku bulan ini 150rb kan?…mas udah nyumbang ke padang? Langsung aku salurin aja ya?….alhamdulillah…jazakallahu khoiron ya mas”

tinggal satu orang lagi. Ari enggan, karena segan kepada sang kreditor yang pamannya sendiri.

“hape kamu lunas aja Ri, bln ini kamu ga usah byr.jgn lp sumbangkan utk swdr qt yg trkna bencna di sn y” bunyi sms yg Ari baca, dari pamannya. Seperti pamannya tahu saja isi hati ponakannya itu.

“alhamdulillah, makasih banyak pak” balas Ari berlinang air mata haru. 100ribu… Alhamdulilah

Advertisements

9 thoughts on “[fiksi] berhutang berbudi

  1. menatapmatahari says:

    Kikik… Ngga ah mbak… Yang cerita nyata itu cuma utang 50rb ma temen di kalimantan, biz wktu itu dompetny malah dibagasiin juga di tas. males nransfernya lingga blg sumbangin aja ke padang…hii…

  2. menatapmatahari says:

    menatapmatahari said: Ari menghitung kembali 4 lembar uang di tangannya…”alhamdulillah…” dari hasil part time menjaga toko manisan pamannya itu, Ari berencana menyumbangkan selurunya ke padang. Tangisan dan jerit saluang yang telah mengoyak2 hatinya membulatkan tekadnya untuk melupakan target buku, barang, dan apapun yang biasanya ia beli dari honor itu.Ari membuka notebook kecilnya, sekedar meyakinkan diri ke rekening bank mana ia harus mentransfer uang itu. Hingga matanya tertumpu pada catatan hutang bulan lalu. Ari lupa… Baru ingat.”astaghfirullah kredit handphone kan masih satu bulan lagi….100 ribu, uufh dulu aku sempat minjem uang dian tuk boarding pass 50rb, hutang pulsa 150rb, ya Allah hutang fotokopian juga belum dibayar ke rika,100rb”Ari menangis perih, tak menyangka iapun tak berpunya tuk sekedar berbagi kepada saudara2nya di padang. Kepala cepaknya ia benturkan ke dinding kamar, kesal… Habis uangnya hanya untuk hutang.”di, aku ada hutang 50rb sama kamu kan? Sumbang ke padang aja ya…”ari menelpon dian, temannya yg sedang berjuang melawan kabut asap di palangkaraya… Dari seberang terdengar Dian antusias mengiyakan, Ari lega.”rik, aku baru inget pernah utang potokopi 100rb. Mau disumbangin aja ga ke padang?” beberapa detik kemudian, Ari tersenyum lagi.”mas, pulsa aku bulan ini 150rb kan?…mas udah nyumbang ke padang? Langsung aku salurin aja ya?….alhamdulillah…jazakallahu khoiron ya mas” tinggal satu orang lagi. Ari enggan, karena segan kepada sang kreditor yang pamannya sendiri.”hape kamu lunas aja Ri, bln ini kamu ga usah byr.jgn lp sumbangkan utk swdr qt yg trkna bencna di sn y” bunyi sms yg Ari baca, dari pamannya. Seperti pamannya tahu saja isi hati ponakannya itu.”alhamdulillah, makasih banyak pak” balas Ari berlinang air mata haru. 100ribu… Alhamdulilah

    pengen diulang lagi sih mus… biar agak dramatis… too simple..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s