[FF] “Orang Beriman Harus Puasa Pak…”

Sudah 3 hari puasa, sudah 3 hari Rani lihat Bapak tidak sahur, tidak puasa.

“Bapak nggak puasa bu?” Berdua saja Rani melahap sahurnya bersama Ibu, Wanita paruh baya yang nampak jauh lebih tua dari usianya itu mengalihkan perhatiannya dari sepiring nasi berteman sambal tempe dan tumis sawi pada anak semata wayangnya itu.

“Kalo Bapakmu puasa, kamu nggak bisa makan sahur” Rani tidak mengerti. Yang ia hafal dari 3 hari ceramah tarawih… Ya ayyuhalladzi na amanu, kutiba alaikumusshiyam. Gundah ia…

“Bapak wajib puasa” dalam hati Rani

****

“ Puasa itu wajib pak, kalo Bapak nggak puasa, nanti bapak berdosa, masuk neraka. Rani juga malu sama adek-adek TPA. Masa bapaknya Mbak Rani yang seorang guru ngaji nggak puasa” Bapak menghentikan minumnya. Anak yang ia banggakan itu belum pernah buat ia marah, tidak juga kali ini.

****

Sahur ke-4 bersama Bapak. Rani bahagia, jilbab coklat lusuh setia di kepalanya.

“Biar miskin kita harus tetap beriman, itu kata pak ustadz tadi malem Pak, orang beriman harus puasa. Ayatnya kan bolak-balik disampein, hai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa..” Rani menyendokkan nasi ke piring Bapak. Ibu diam saja melihat tingkah remaja tanggungnya itu. Bapak tersenyum.

Sehabis sahur Bapak tidur lagi, masih harus bekerja besok.

****

“Lailahailallah lailahailallah… la ilahailallah…lailahailallah” tahlil bergema di gubuk reot Rani.

“Headlinenya, Kuli Bangunan Jatuh Tewas Karena Puasa, cakep tuh Jo” Rani menatap tajam wajah wartawan Harian Ibu kota yang maruk berita.

“ Orang beriman harus puasa Pak…” Lirih Rani pilu.

_cerita ini ditulis dalam rangka membahagiakan (ehee ) event lomba menulis flash fiction yang diadakan mbak intan di sini

Dulu, saya sering merhatiin kuli-kuli bangunan di kampus yang nggak puasa. Air minum dan makanan tersedia di pondok istirahat mereka. Saya jadi bertanya-tanya apakah semua kuli-kuli itu gak puasa? terus teman saya membela mereka dengan bilang…”kerjaan mereka tuh keras kali ling, gak kayak kita”… Huhu… sediih.

Advertisements

40 thoughts on “[FF] “Orang Beriman Harus Puasa Pak…”

  1. menatapmatahari says:

    carrotsoup said: tuh kan, ling2 ikutan bikin tema ayah-anak bersetting ramadhan.. wkwkwk*bales dendam*

    ahahaha… juga dalam rangka membuktikan kepada omali, kalo saya juga bisa bikin FF tema ayah-anak bersetting ramadhan…:Ptapi ini masuk klasifikasi Ramadhan ahhhh… *bales dendam juga*

  2. night16 says:

    ya, dunia terkadang jadi no 1 mba.ini ada cerita, bukan kuli bangunan, tapi supir bus antar provinsi, biar dia ga ngantuk di terus aja merokok, padahal ac, haduhhh saya ampe ga enak d dalem bis….

  3. menatapmatahari says:

    night16 said: ya, dunia terkadang jadi no 1 mba.ini ada cerita, bukan kuli bangunan, tapi supir bus antar provinsi, biar dia ga ngantuk di terus aja merokok, padahal ac, haduhhh saya ampe ga enak d dalem bis….

    huhuhuhu… makanya jangan dudukdi belakang sopir… 😛

  4. night16 says:

    menatapmatahari said: huhuhuhu… makanya jangan dudukdi belakang sopir… 😛

    kan ga biasanya saya pake agen bis yang itu, maklum agen bis yang biasa di pake ke jogja udah habis karcisnya,

  5. griyabukuq says:

    menatapmatahari said: locked… 😀

    Boleh dikomen lagi?@Mbak Lingga: ya, saya juga ga tau masuk atau enggaknya yang penting ikut dan nyoba biar ga nyesel. *sesekali ikut lomba juga ga papa-pa kan…

  6. menatapmatahari says:

    griyabukuq said: Boleh dikomen lagi?@Mbak Lingga: ya, saya juga ga tau masuk atau enggaknya yang penting ikut dan nyoba biar ga nyesel. *sesekali ikut lomba juga ga papa-pa kan…

    lockednya buat edit aja koq pak…samaaa… saya juga… 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s