ACIBI – Aku Cinta Bahasa Indonesia

Ada bule yang menghina bahasa indonesia di depan muka gue…. *_*

“Bahasa Indonesia yang akhirannya si asli dari indonesia Cuma nasi, basi, sama terasi, yang lainnya dari luar semua”

Gue gondok banget, tapi masih pagi, suara masih serek-serek kuadrat. Diam.

Yang lain, yang notabene orang Indonesia pada berkomentar, positif negatif, ikut ketawa, gue? Mingkem, sambil sibuk nyocokin duit sama anggaran. Tapi karena udah cocok, gue sebagai bagian dari bangsa Indonesia memutuskan untuk ikutan ambil bagian berjuang dalam perdebatan kusir di lab bahasa yang melibatkan 4 orang termasuk gue itu.

“Iiiih si Bapak, offence nih! Indonesia itu punya bahasa banyak banget tahu pak, jangan cuma dilihat dari kata-kata yang berakhiran “si” dong! Indonesia kaya akan bahasa dan budaya, masa bapak nggak tahu sih? Beribu-ribu bahasa daerah pak, yang completely different sama bahasa asing manapun. Bapak berapa tahun sih di Indonesia?” Lingga gondok, serek-serek hajar we’! Yang lain menimpali.

“ Iya sih, tapi kan saya tadi ngomongin kata yang berakhiran “si” aja bu. Iya iya, apalagi kalau makanan. Masalah makananan aja nih banyak, kaya banget ya bahasanya, dari singkong doang bisa banyak banget nama makanan yang dihasilkan”

“ Ahhh bapak mah, itu kan karena Indonesia tuh bangsa yang kreatif. Singkong bisa diolah jadi macem-macem makanan, makanya namanya beda-beda. Bapak suka kan makanan Indonesia?? Ngaku!” Selalu berujung ngawur.

“ Iya tapi kan…”

“Cukup-cukup!” Perasaan di manapun saya berada, selalu bersinggungan sama orang-orang aneh begini. Huhuuu…

Bahasa kan memang nggak diam, sifatnya dinamis dan produktif. Selalu berubah, tumbuh berkembang, munculnya kata-kata baru itu biasa terjadi agar si bahasa tidak mati. Penyerapan-penyerapan dari bahasa asing bukan cuma terjadi di Indonesia aja koq. Ini bahasa inggris yang merupakan serapan dari bahasa arab http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_Arabic_loanwords_in_English, dan bahasa melayu http://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_kata_serapan_dari_bahasa_Melayu_dalam_bahasa_Inggris .

*ba’da rapat tim bahasa internasional sekolah, tenang, gak sericuh yang anda bayangkan hehe

8 thoughts on “ACIBI – Aku Cinta Bahasa Indonesia

Leave a Reply

